Tren Motor 2025: Matic Tetap Jadi Pilihan Utama Pengendara Indonesia
Ilustrasi: Menurut World Population Review 2025, terdapat sekitar 112 juta unit sepeda motor yang beroperasi di Indonesia, menjadikannya pasar kendaraan roda dua terbesar kedua di dunia.--Polytron
Sebanyak 53% tertarik pada motor matic, disusul motor standar atau naked bike (29%) dan motor bebek atau underbone (20%). Honda matic masih menjadi motor idaman dengan Honda Beat di peringkat pertama (15%), diikuti Honda Scoopy (12%), dan Honda Vario (9%).
"Dominasi motor matic terlihat jelas baik dari sisi kepemilikan maupun rencana pembelian. Tren ini menandakan bahwa matic telah menjadi acuan utama dalam preferensi konsumen Indonesia di berbagai generasi," ujar Lead Researcher Jakpat, Farida Hasna.
BACA JUGA:Meriah! Pawai Budaya Nusantara di Iraw Tengkayu 2025 Diwarnai Parade Kostum hingga Mobil Hias
Perawatan motor
Sebagian besar pemilik sepeda motor rutin melakukan perawatan dasar untuk menjaga kondisi kendaraannya tetap baik.
Penggantian oli mesin (77%) dan cuci motor (62%) menjadi praktik yang paling umum dilakukan. Sekitar setengah responden juga melakukan penggantian oli gardan serta servis di bengkel.
Lebih spesifik, servis motor umumnya dilakukan di bengkel non-resmi (72%). Gen Z cenderung memilih bengkel langganan berskala kecil (58%), sementara Milenial dan Gen X lebih sering menggunakan bengkel resmi karena dianggap lebih praktis dan terpercaya.
Berdasarkan data Jakpat tersebut, Hasna menilai perawatan rutin sudah jadi hal penting bagi pengguna motor.
"Soal tempat servis, semuanya kembali pada keseimbangan antara kualitas, harga, dan kemudahan. Meski tiap generasi memiliki preferensi berbeda dalam memilih bengkel, tapi pada akhirnya setiap pengendara punya cara sendiri untuk merawat motornya," terang dia.
BACA JUGA:Cek Harga Mobil GWM SUV dan ORA September 2025, Catat Rekor Penjualan Tertinggi
Selain itu, sebanyak 8 dari 10 pemilik motor mengaku pernah mengganti suku cadang asli atau memasang aksesoris kendaraan roda dua mereka.
Dalam merawat sekaligus mempersonalisasi kendaraannya, banyak pengendara memilih untuk membeli suku cadang dan aksesori motor.
Ban dan velg menjadi yang paling sering dibeli (56%), diikuti lampu variasi seperti LED atau proyektor (45%) serta jok atau pelapis jok (37%). Aksesori lain seperti spion variasi (29%) serta gear dan rantai (24%) juga diminati untuk meningkatkan tampilan dan performa motor.
Berapa alokasi harga untuk satu motor? Dari mana para responden mendapat informasi seputar motor? Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat “Behavior and Preferences of Motorcycle Users and Buyers” pada tautan berikut: https://insight.jakpat.net/behavior-and-preferences-of-motorcycle-users-and-buyers/
Sumber: