Survei: Hanya 16% Penginapan Kecil yang Fokus Memikat Tamu Baru Karena Tuntutan Operasional

Studi terbaru SiteMinder, platform akuisisi tamu dan revenue management hotel terkemuka di dunia, mengungkapkan bahwa hanya 16% bisnis penginapan kecil secara global yang lebih banyak mengalokasikan waktu untuk menarik tamu baru dan meningkatkan pemesanan--Istimewa
Di sisi lain, Channels Plus memudahkan pelaku usaha memperluas jangkauan dengan koneksi mulus ke berbagai channel pemesanan dalam satu pengaturan sederhana.
Rio Ricaro, SiteMinder’s Country Manager Indonesia menambahkan, “Di tengah lanskap akomodasi Indonesia yang semakin kompleks dan kompetitif, penginapan kecil memiliki peluang besar untuk lebih dinamis dalam strategi harga dan pemasaran. Dengan hadirnya Dynamic Revenue Plus dan Channels Plus melalui Little Hotelier, penyedia akomodasi mulai dari homestay keluarga hingga hotel independen, kini bisa menyesuaikan tarif sesuai peluang pasar, memaksimalkan okupansi melalui beragam channel, sekaligus menyederhanakan operasional dengan sistem manajemen properti yang skalanya pas.”
BACA JUGA:PEDA Petani Nelayan Kaltara 2025: Dari Tarakan, Semangat Inovasi Tumbuh di Ladang dan Laut
Di Indonesia, akomodasi non-hotel mencakup 85% sektor akomodasi, dengan guesthouse, hostel, dan homestay mengambil porsi lebih besar dibandingkan hotel berbintang.
Kehadiran mereka membantu pariwisata menjadi lebih inklusif dan autentik karena dekat dengan komunitas lokal.
Berbagi pengalamannya, Ni Putu Hetty Indah Jayanti, pemilik Attara Inn Senggigi mengatakan, “Sejak pertama buka, kami membutuhkan bantuan untuk mengelola inventory dan operasional. Fitur channel manager Little Hotelier sangat berguna untuk mengatur inventory di semua OTA sekaligus. Saya bisa memantau sistem dari mana saja, baik di rumah maupun saat liburan. Sebagai owner, saya merasa sangat terbantu.
Didukung oleh teknologi terpercaya SiteMinder, Little Hotelier juga hadir dengan keamanan, support 24/7, serta akses ke jaringan global mitra ahli yang membantu penginapan kecil membangun keahlian dan mengembangkan bisnisnya.
Platform ini kini tersedia bagi pelanggan baru di seluruh dunia, sementara pengguna lama akan mulai mendapatkan akses pada akhir tahun ini, dengan ekspansi lebih luas dijadwalkan mulai Februari 2026. Info lebih lanjut dapat dilihat di littlehotelier.com.
Sumber: