Survei: Hanya 16% Penginapan Kecil yang Fokus Memikat Tamu Baru Karena Tuntutan Operasional

Survei: Hanya 16% Penginapan Kecil yang Fokus Memikat Tamu Baru Karena Tuntutan Operasional

Studi terbaru SiteMinder, platform akuisisi tamu dan revenue management hotel terkemuka di dunia, mengungkapkan bahwa hanya 16% bisnis penginapan kecil secara global yang lebih banyak mengalokasikan waktu untuk menarik tamu baru dan meningkatkan pemesanan--Istimewa

KALTARA, DISWAY.ID - Dalam keseharian mengelola akomodasi, pelaku usaha kerap dihadapkan pada pilihan antara mencari tamu baru dan menjalankan operasional harian.

Studi terbaru SiteMinder, platform akuisisi tamu dan revenue management hotel terkemuka di dunia, mengungkapkan bahwa hanya 16% bisnis penginapan kecil secara global yang lebih banyak mengalokasikan waktu untuk menarik tamu baru dan meningkatkan pemesanan.

Sebaliknya, hampir setengah (49%) lebih fokus pada pekerjaan operasional harian.

BACA JUGA:Jelang Pornas Korpri XVII, Gubernur Kaltara Suntik Semangat Juang ASN: Siap Harumkan Nama Daerah

Studi SiteMinder yang membedah tantangan sektor akomodasi berskala kecil, juga menemukan bahwa 53% pemilik penginapan kecil sebenarnya ingin lebih fokus pada akuisisi tamu, meski kenyataannya mereka masih terjebak dalam tugas-tugas manajemen properti.

Dua dari lima (40%) menyebut ‘kurangnya pengetahuan’ sebagai hambatan utama dalam mengadopsi teknologi yang dapat membantu mendatangkan lebih banyak tamu.

Sementara itu, hampir sepertiga (29%) masih menerapkan harga kamar statis, dengan tidak pernah menyesuaikan tarif atau hanya melakukannya sekali dalam setahun.

Sejalan dengan temuan tersebut, SiteMinder memperkenalkan generasi terbaru Little Hotelier, platform all-in-one yang membuka akses bagi penginapan kecil untuk memanfaatkan teknologi distribusi dan revenue canggih yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh properti berskala besar.

BACA JUGA:DKISP Kaltara Luncurkan Survei Informasi, Suara Masyarakat jadi Kompas Kebijakan

“Dari diskusi kami dengan para penyedia akomodasi, benar bahwa operasional harian seperti check-in tamu dan koordinasi housekeeping tetap krusial, namun hal tersebut seharusnya tidak menghambat pertumbuhan pemesanan,” ujar Leah Rankin, Chief Product Officer SiteMinder.

“Mengelola akomodasi yang lebih baik kini berarti memberikan tools yang membuat hotelier dapat bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras untuk menghadirkan pengalaman yang luar biasa untuk tamu sambil menyederhanakan sistem untuk menarik pemesanan baru. Little Hotelier generasi terbaru dirancang untuk menghadirkan teknologi distribusi kelas dunia dan price intelligent ke dalam sistem manajemen properti yang sudah awam bagi akomodasi kecil. Ini tentang memahami kebutuhan mereka di tengah-tengah operasional harian dan memberikan mereka kendali yang lebih besar atas pemesanan melalui platform terpusat.”

Sebagai bagian dari pembaruan besar Little Hotelier, penyedia akomodasi akan mendapatkan akses ke solusi terbaru SiteMinder untuk mendorong revenue, yaitu Dynamic Revenue Plus dan Channels Plus.

Dynamic Revenue Plus yang segera hadir di Indonesia akhir bulan ini merupakan satu-satunya solusi berbasis mobile yang memungkinkan pelaku usaha untuk mengakses market intelligence secara real time, termasuk event lokal yang mendorong permintaan dan pergerakan kompetitor.

Pelaku usaha dapat langsung menyesuaikan inventory, harga, dan strategi distribusi kapan saja, baik melalui ponsel maupun desktop.

Sumber: