Jangan Panik, Simak Tips Atasi Luka dalam 30 Detik Pertama
Ada sejumlah cara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanganan luka yang tepat dalam 30 detik pertama.--Freepik
KALTARA, DISWAY.ID - Ada sejumlah cara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanganan luka yang tepat dalam 30 detik pertama.
Kampanye ini diwujudkan melalui kegiatan First Aid Training yang berkolaborasi dengan PMI Kota Jakarta Utara dalam rangka memperingati World First Aid Day 2025.
Berdasarkan Survei Kesehatan Nasional (Riskesdas 2013), 35,2% rumah tangga di Indonesia menyimpan obat untuk pengobatan mandiri, termasuk untuk luka, tanpa panduan medis yang tepat.
BACA JUGA:Kenapa Daging Ayam Pejantan Mirip Ayam Kampung? Ini Penjelasan Ahli
Studi lain menunjukkan lebih dari 76% masyarakat belum mengetahui cara penanganan luka bakar yang benar, sementara 59% di antaranya masih menggunakan pasta gigi, praktik berisiko yang justru dapat memperburuk luka.
Menjawab permasalahan tersebut, kampanye 30 Detik Antistop ditujukan untuk mengedukasi keluarga bahwa 30 detik pertama dalam penanganan luka yang tepat menjadi periode krusial untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.
Sebagai bagian dari inisiatif ini, Betadine bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara menggelar kegiatan First Aid Training, pelatihan pertolongan pertama yang inklusif dan interaktif untuk meningkatkan edukasi keluarga Indonesia dalam mengatasi luka sehari-hari.
Kegiatan ini dipandu oleh trainer bersertifikat PMI Kota Jakarta Utara untuk mendemonstrasikan secara langsung langkah tepat penanganan luka ringan dan tindakan darurat dasar dengan cara yang aman dan mudah dipahami.
BACA JUGA:Moms! Membentuk Karakter Anak Bukan Hanya Tugas Orangtua, Ini Penjelasan Ahli
Selain pelatihan edukatif, kegiatan ini juga memperkenalkan jingle terbaru Betadine “30 Detik Antistop” yang dikemas secara ringan dan interaktif untuk memperkuat pesan bahwa penanganan luka dengan tepat dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.
Pelatihan ini melibatkan anggota PKK Kelurahan Menteng Dalam dan Ojek Online (Ojol) sebagai perwakilan komunitas yang berperan penting dalam mengedukasi masyarakat di tingkat lokal.
Kehadiran perwakilan media dalam sesi pelatihan edukasi pertolongan pertama secara langsung, dapat membantu menyebarluaskan pesan edukatif ini kepada masyarakat Indonesia.
BACA JUGA:Atasi Konflik Gajah dan Manusia, Ini yang Dilakukan Para Ahli
Yulias Rachmatika, Head of Marketing iNova Pharmaceuticals Indonesia, menyampaikan, “Selama lebih dari 50 tahun, Betadine telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia, menghadirkan solusi antiseptik yang dapat ditoleransi dengan baik, efektif, dan terpercaya. Melalui kampanye edukatif 30 Detik Antistop, kami ingin mengingatkan kembali pentingnya 30 detik pertama dalam penanganan luka, momen sederhana namun krusial yang bisa mencegah infeksi dan menjaga aktivitas keluarga tetap berjalan tanpa hambatan. Kolaborasi dengan PMI Kota Jakarta Utara dan PKK Menteng Dalam adalah langkah nyata untuk menjadikan edukasi kesehatan sebagai kebiasaan sehari-hari, agar setiap keluarga Indonesia bisa tetap sehat, aktif, dan unstoppable.”
Sumber: