Komitmen pada Konsumen, Kampanye Pemeriksaan Mitsubishi L300 di Indonesia Digelar

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) distributor resmi dari kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia, mengumumkan program kampanye pemeriksaan untuk model Mitsubishi L300.--Istimewa
JAKARTA, DISWAY.ID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) distributor resmi dari kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia, mengumumkan program kampanye pemeriksaan untuk model Mitsubishi L300.
Hal itu sebagai wujud nyata dari komitmen Mitsubishi Motors untuk menemani perjalanan konsumen di seluruh proses kepemilikan kendaraan termasuk layanan purna jual.
Tak hanya itu, kampanye pemeriksaan yang dilakukan juga merupakan bentuk kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur dalam peraturan perundang–undangan yang berlaku, khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang pengujian tipe kendaraan bermotor.
Kampanye pemeriksaan Mitsubishi L300 dimulai pada 6 Agustus 2025, dilaksanakan terkait adanya temuan hasil investigasi dan pemeriksaan yang berpotensi terjadinya kerusakan komponen Connecting Rod (batang penghubung) pada mesin Mitsubishi L300 yang diproduksi pada periode Juni 2022 – Januari 2024, dengan jumlah 30.823 unit. Potensi kerusakan dapat menyebabkan mesin mati mendadak dan tidak dapat dihidupkan kembali.
Kerusakan dipicu oleh dua hal yakni, kinerja waterproof yang tidak memadai pada bagian konektor di engine control harness, dan kerusakan injector yang diakibatkan oleh kontaminasi bahan bakar dan penggunaan saringan bahan bakar imitasi atau non genuine oleh pemilik kendaraan.
BACA JUGA:Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Proses Bisnis Collection, BTN luncurkan Operating Model baru
Prosedur Pelaksanaan Teknis Kampanye Pemeriksaan
Pada kampanye pemeriksaan ini, MMKSI melalui diler resmi Mitsubishi Motors di Indonesia melakukan pemeriksaan/ inspeksi terhadap unit kendaraan terlibat. Dan bila diperlukan teknisi akan melakukan perbaikan dan penggantian komponen yang berpotensi bermasalah dan dapat menggangu kenyamanan konsumen, seperti perbaikan konektor (Harness), atau penggantian Harness, Common Rail, dan Pipe.
Sebagai tambahan, teknisi diler resmi Mitsubishi Motors juga akan melakukan penggantian item Fuel Filter secara gratis.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen Mitsubishi L300 terlibat, dan berpartisipasi pada kampanye pemeriksaan ini, MMKSI akan memberikan 10 fuel filter original gratis, yang akan didistribusikan sesuai jadwal perawatan berkala.
BACA JUGA:BNI Jadi Mitra Utama PMI Catat Pertumbuhan Bisnis Remitansi 13,15% pada Kuartal I-2025
Peningkatan Kualitas Produksi Mitsubishi L300
Sebagai langkah lebih lanjut agar konsumen tidak mengalami hal tersebut pada unit yang diproduksi setelah tahun kendaraan terlibat, MMKSI dan MMKI (PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia) telah berkoordinasi dan melakukan peningkatan dari sisi produksi dengan mengganti kabel kontrol mesin dengan tipe yang memiliki tingkat ketahanan terhadap air lebih tinggi, yang telah diterapkan sejak 1 Februari 2024.
BACA JUGA:Soft Launching Fasilitas Perakitan Kendaraan Listrik Komersial berbasis CKD Pertama di Indonesia
Cara Berpartisipasi Pada Kampanye Pemeriksaan
1. MMKSI akan mengirimkan surat undangan kepada konsumen melalui diler, informasi lewat SMS dan Whatsapp, serta pengumuman informasi lewat website dan kanal resmi sosial media MMKSI.
Selain itu Konsumen Mitsubishi L300 di Indonesia dengan unit yang produksi pada periode Juni 2022 – Januari 2024 dapat melakukan konfirmasi bila kendaraannya termasuk dalam daftar terlibat, dengan berbagai cara:
Sumber: