Ini Resep Produk UMKM Kaltara Bisa Bertahan di Tengah Serbuan Era Digital

Selasa 14-10-2025,20:35 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

KALTARA, DISWAY.ID – Ada berbagai cara untuk UMKM agar bisa bertahan di era digital. 

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kalimantan Utara (Kaltara) Hj. Rahmawati Zainal, S.H membuka “Pelatihan Dan Lomba Branding Produk Lokal Lewat Foto Dan Cerita Yang Menggugah”, digelar di Ruang Pertemuan lantai 1 Gedung Gabungan Dinas, Selasa 14 Oktober 2025

Di awal sambutannya, Rahmawati menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

BACA JUGA:Kaltara Terang di Perbatasan: Listrik Masuk, UMKM Bergerak!

Ia mengatakan di era digital seperti sekarang, cerita dan visual memiliki kekuatan besar untuk mengangkat nilai produk lokal.

“Banyak produk yang sebenarnya berkualitas tinggi, namun belum dikenal luas karena belum dikemas dengan cara yang menarik dan menyentuh hati,” ucap Rahmawati.

Dia berharap melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM dapat belajar bagaimana menceritakan kisah di balik produknya, kisah tentang proses, budaya, dan nilai-nilai lokal yang menjadi kekuatannya.

BACA JUGA:Dua Episode Pertama Kompetisi Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Resmi Dimulai! Bawa Tema Cinta Indonesia

“Setiap produk lokal tidak hanya menjual barang tetapi juga identitas dan kebanggaan daerah kita,” ujarnya.

Rahmawati menuturkan selain kemampuan membuat foto yang menggugah tentunya akan menjadi senjata penting dalam mempromosikan produk di media sosial dan pasar digital.

BACA JUGA:Ekosistem Pendampingan Republik UMKM Menuju Indonesia Emas 2045

Terangnya, dengan perpaduan antara visual yang menarik dan narasi yang menyentuh bisa menjadikan produk-produk lokal untuk dapat bersaing di dengan produk lainnya.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat besar, menumbuhkan semangat kreativitas dan menjadi langkah nyata menuju kemandirian ekonomi masyarakat kita,” pungkasnya

Kategori :