Tren Gaming di Indonesia 2025: Perbedaan Gaya Bermain Pria dan Wanita

Jumat 31-10-2025,21:14 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

Selain itu, 45% membeli aksesori pendukung seperti controller dan keyboard, sementara 37% mengeluarkan dana untuk membeli perangkat utama seperti console, PC/laptop gaming, atau ponsel baru.

Dalam tiga bulan terakhir, 4 dari 10 responden menghabiskan uang antara Rp50.000–Rp100.000 untuk kebutuhan gaming, dengan metode pembayaran e-wallet mendominasi hingga 86%.

BACA JUGA:Open PO Lenovo Legion Tab Resmi Dimulai, Tablet Gaming Gahar Harga Mulai Rp7 Jutaan!

Ketika ada kolaborasi antara brand dan game, 1 dari 2 gamers tertarik membeli item eksklusif tersebut.

Sebanyak 47% tertarik dengan promo belanja yang menawarkan reward, dan 46% lainnya lebih menyukai merchandise fisik seperti kaos atau aksesori bertema game.

Septiana menambahkan, “Memahami perbedaan preferensi berdasarkan gender menjadi kunci dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. Gamer pria cenderung menyukai elemen digital eksklusif dan aspek kompetitif, sementara gamer wanita lebih tertarik pada pengalaman sosial yang menyenangkan, seperti kolaborasi dengan brand makanan. Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, penting mengintegrasikan elemen digital seperti hadiah dalam game dengan produk fisik seperti merchandise atau makanan. Pastikan brand tampil relevan dengan gaya hidup para gamer dan aktif di platform seperti TikTok, YouTube Gaming, dan Discord.”

Kategori :

Terpopuler